Latar belakang kegiatan Bimbingan Teknis dalam bentuk Sekolah Lapang untuk petani cabai adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan produktivitas petani melalui pendekatan pembelajaran langsung di lapangan. Program ini seudah menjadi bagian dari tahapan program ketahanan pangan Desa sesuai dengan Keputusan Menteri Desa Tertinggal Nomor 3 tahun 2024 klik disini dirancang sebagai respons terhadap berbagai tantangan yang dihadapi petani cabai, seperti rendahnya hasil panen, serangan hama, dan kurangnya akses terhadap teknologi pertanian terbaru.
![]() |
| By Arman Adam |
Berikut adalah
latar belakang utama pelaksanaan kegiatan Bimbengan Teknis dalam bentuk Sekolah
Lapang bagi petani cabai:
-
Produktivitas cabai yang rendah:
Banyak petani mengalami hasil panen yang tidak optimal
karena teknik budidaya yang belum sesuai standar atau kurang efisien.
-
Serangan hama dan penyakit:
Cabai rentan terhadap berbagai hama seperti thrips dan
penyakit seperti antraknosa. Bimbengan Teknis Dalam Bentuk Sekolah Lapang membantu petani mengenali dan mengendalikan
masalah ini secara tepat.
-
Kurangnya pengetahuan tentang varietas unggul:
Petani sering kali belum mengetahui varietas benih
cabai yang sesuai dengan kondisi lokal. Bimbengan Teknis Dalam Bentuk Sekolah
Lapang memperkenalkan benih unggul dan
teknik pemilihannya.
-
Minimnya akses terhadap teknologi dan informasi:
Bimbengan Teknis Dalam Bentuk Sekolah Lapang
menjadi sarana transfer teknologi pertanian
terbaru, termasuk penggunaan pupuk, pestisida nabati, dan sistem irigasi yang
efisien
-
Peningkatan kapasitas petani secara
partisipatif: Bimbengan Teknis Dalam Bentuk Sekolah Lapang mendorong pembelajaran aktif melalui diskusi,
praktik langsung, dan pemecahan masalah bersama, bukan sekadar penyuluhan satu
arah.
-
Penguatan kelembagaan petani: Bimbengan Teknis
Dalam Bentuk Sekolah Lapang juga
bertujuan membentuk kelompok tani yang solid dan mampu mengakses program
pemerintah serta pasar secara lebih baik.
![]() |
| By Arman Adam |








0 komentar:
Posting Komentar